Fungsi Dan Kegunaan Probiotik

Product Availability
In Stock

Fungsi dari Probiotik

Probiotik mungkin dapat membantu pencernaan dan memungkinkan tubuh untuk mengekstraksi nutrisi dari makanan. Bakteri baik juga dapat menghasilkan enzim atau protein yang menghambat atau bahkan membunuh bakteri berbahaya. Beberapa strain probiotik tertentu juga dapat merangsang sistem kekebalan. Beberapa bakteri diperlukan untuk memproduksi hormon atau vitamin (misal vitamin K) dan penyerapan nutrisi.

Manfaat umum Probiotik:

1. Mendukung kesehatan pencernaan yang dapat meningkatkan imunitas
2. Mencegah diare
3. Meredakan infeksi vagina
4. Mencegah penyakit autoimun
5. Meringankan penyakit kulit
6. Menangkan infeksi saluran kencing

Sistem Imun Tubuh dan Probiotik

Sekitar 70% dari sistem kekebalan tubuh Anda tinggal di saluran pencernaan kita dalam bentuk jaringan limfoid usus (GALT). Probiotik mempengaruhi sistem imun untuk melawan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Melalui banyak penelitian, salah satu peran probiotik dalam saluran pencernaan manusia adalah untuk menstimulasi sistem imun.

Bagaimana Mekanisme Kerja dari Probiotik

  1. Penghambat adhesi bakteri
  2. Meningkatkan fungsi penghalang mukosa
  3. Modulasi sistem imun bawaan dan adaptif
  4. Sekresi metabolit bioaktif
  5. Regulasi sistem saraf pusat dan enterik

Probiotik dan Hubungannya untuk Kesehatan Jantung

Studi menemukan, probiotik mampu mengurangi kolesterol secara keseluruhan, khususnya kolesterol LDL secara signifikan.

Hal itu dibuktikan pada satu penelitian terhadap 127 orang dengan kolesterol tinggi yang diberi asupan probiotik selama 9 minggu. Hasilnya partisipan berhasil menurunkan kolesterol total sebesar 9% dan kolesterol LDL hingga 12%

Senada dengan itu, studi berskala besar lainnya yang menggabungkan hasil dari 32 penelitian menemukan efek menggantungkan yang signifikan pada probiotik sebagai alternatif dalam mengurangi kolesterol di dalam tubuh.

Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri di saluran pencernaan. Selain itu, bakteri baik ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi imun tubuh. Ini berarti, probiotik dapat membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit infeksi, seperti diare, infeksi kulit dan lainnya.

Uji Klinis Probiotik Dan Kemampuannya Dalam Meminimalisir Kerusakan Respon Imun Pada Paru-Paru

Pengujian menunjukkan bahwa strain probiotik memodifikasi keseimbangan dinamis antara sitokin proinflamasi dan imunoregulator yang memungkinkan pembersihan virus sambil meminimalkan kerusakan yang dimediasi respon imun pada paru-paru.

Peran Penting Probiotik Untuk Kesehatan Lansia

Seiring bertambahnya usia, sistem pencernaan menunjukkan tanda-tanda penuaan. Masalah pencernaan pun mampu lebih sering menghampiri seperti konstipasi. Oleh sebab itu, penting bagi lansia untuk menjaga kesehatan pencernaan dengan memperhatikan keberlangsungan bakteri baik alias probiotik di dalam usus.

Menurut studi Gut Microbiota in Common Elderly Diseases Affecting Activities of Daily Living, probiotik diklaim dapat menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, studi yang sama juga menyimpulkan bahwa gabungan kebaikan probiotik dan langkah pencegahan, seperti pola makan dan fisik yang aktif, dapat membantu menjaga tubuh lansia tetap sehat.